Skip to main content

Cara Setting Wireless Access Point LinkSys WAP54G


Assalamualaikum...kali ini saya ingin memberi bagaimana mengkonfigurasi wireless Access Point LinkSys model WAP54G..sebelum masuk ke konfigurasi sebaiknya kita harus tau dulu apa itu LinkSys..

Hasil gambar untuk logo linksys

:: LINKSYS ::


Apa itu Linksys ? Linksys merupakan sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1988 dan juga merupakan divisi perusahaan Cisco System, Inc, Linksys ini sudah diakuisisi oleh Cisco Systems pada tahun 2003, Linksys sudah cukup terkenal di Indonesia sebagai vendor penghasil produk di bidangnetworking.


:: Sejarah Singkat Linksys ::


Linksys didirikan pada tahun 1988 di sebuah garasi di Irvine, California. Para pendiri, Janie dan Victor Tsao (yang menerima gelar master dalam ilmu komputer dari Illinois Institute of Technology pada tahun 1980), adalah imigran dari Taiwan yang memegang pekerjaan kedua sebagai konsultan yang mengkhususkan diri dalam pasangan vendor teknologi Amerika dengan produsen di Taiwan. Produk pertama perusahaan itu sharers printer yang terhubung ke beberapa PC printer. Dari ini diperluas ke Ethernet hub, kartu jaringan, dan kabel. Pada tahun 1994, ia telah tumbuh menjadi 55 karyawan dengan pendapatan tahunan sebesar $ 6,5 juta.

Perusahaan menerima dorongan besar pada tahun 1995, ketika Microsoft merilis Windows 95 dengan fungsi jaringan built-in yang memperluas pasar untuk produk-produknya. Linksys didirikan AS saluran pertama ritel dengan Fry Elektronik (1995) dan Best Buy (1996). Pada tahun 1999, perusahaan mengumumkan pertama Fast Ethernet PCMCIA Card untuk PC notebook. Pada tahun 2000, ia memperkenalkan pertama 8-port router dengan SNMP dan QoS, dan pada tahun 2001 ia dikirim kabel / DSL router juta nya. [4] Pada tahun 2003, ketika perusahaan ini diakuisisi oleh Cisco, itu 305 karyawan dan pendapatan lebih dari $ 500 juta

Cisco mengumumkan pada Januari 2013 bahwa mereka akan menjual divisi jaringan rumah dan Linksys untuk Belkin. Meskipun tidak ada rincian keuangan yang dirilis, akuisisi akan memberikan Belkin 30% dari pasar router rumah. Belkin berencana untuk melanjutkan dukungan dan jaminan kehormatan bagi produk Linksys yang ada.

:::: Konfigurasi Wireless Access Point LinkSys WAP54AG ::::


                                            Hasil gambar untuk linksys wap54g
  1. Sambungkan AP dengan PC/komputer anda menggunakan kabel UTP( Unshielded Twisted Pair ).
  2. Selanjutnya, Ubah IP PC/komputer anda menjadi 192.168.1. (angka yang diinginkan) Note: Tidak boleh memberi angka 245 (karena angka ini adalah IP dari AP itu sendiri) dan angka harus dibawah 255.                                                                                  
  3. Buka CMD dengan menekan windows+R dan ketik ping 192.168.1.245 jika sudah reply, buka web browser ( jika belum reply silahkan cek kabel atau reset ulang AP )
  4. Pada address bar web browser ketikkan alamat 192.168.1.245 akan muncul seperti gambar di bawah ini.Username 
  5. Pada Nama Pengguna tidak perlu diisi dan pada sandi ketik "admin". Lalu pilih "OK".
  6. Setelah pilih "OK" maka Akan muncul menu seperti dibawah iniNama Ap
  7. Pada "Network Name ( SSID )" ubahlah nama SSID sesuai dengan keinginan.
  8. Tekan "Save Settings".
  9. Selanjutnya, pilih menu pada "Administrator".Admin
  10. Isi "Password" sesuai dengan keinginan.
  11. Tekan "Save Settings". 
  12. Selanjutnya, pilih menu "Setup", Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.setup
  13. Pada "Configuration Type" pilih "Automatic Configuration (DHCP)"
  14. klik "Save Settings"
  15. Konfigurasi "Wireless Access Point LinkSys WAP54G" sudah selesai dan siap dipakai.



                        (TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA)





                   

Comments

Popular posts from this blog

Pemasangan Antena Omnidirectional

Assalamualaikum.. bertemu kembali dengan saya.. pada kesempatan ini, saya ingin memposting tentang cara pemasangan antena omni. Sebelum masuk ke pemasangan antena omni sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa itu antena omni.. ::Antena Omnidirectional::                                         Antena omnidirectional atau bisa disebut juga dengan antena omni,yaitu jenis antena yang memiliki pola pancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama.Untuk menghasilkan cakupan area yang luas,gain dari antena omnidirectional harus memfokuskan dayanya secara horizontal (mendatar,dengan mengabaikan pola pemancaran ke atas dan ke bawah,sehingga antean dapat di letakan di tengah-tengah base station.Dengan demikian,keuntungan dari antena jenis ini adalah dapat melayani jumlah pengguna yang lebih banyak.Namun,kesulitannya adalah pada pengalokasian frequensi untuk setiap sel agar tidak terjadi interferensi.Antena jenis ini biasanya di gunakan pada lingkup yang mempunyai base station ter

Pembahasan UKK TKJ K13 2017/2018 Paket 2

Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu untuk kalian semua, semoga ilmu ini bermanfaat untuk kalian semua. Sebelum masuk ke tahap inti , sebaiknya kita harus tau apa itu UKK dan apa tujuan dari UKK itu sendiri.. UKK ( Ujian Kompetensi Kejuruan ) UKK adalah singkatan dari kata Ujian Kompetensi Kejuruan.  Istilah Ujian Kompetensi Kejuruan apabila disingkat yaitu menjadi UKK. Akronim  UKK (Ujian Kompetensi Kejuruan) merupakan singkatan/akronim tidak resmi dalam Bahasa Indonesia. Berikut akan dipaparkan Tujuan Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK : 1.Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya 2.Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan  sertifikat kompetensi. 3.Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikat oleh SMK yang berorientasi pada permintaan industri terhadap tenaga kerja kompeten yang memiliki sertifikat kompetensi. 4.Menfasilitasi kerjasama SMK dengan

JENIS JENIS KONEKTOR SERTA PENJELASANNYA

:: Pengertian Konektor :: Konektor adalah alat yang dapat menguhubungkan perangkat-perangkat jaringan ke kabel fiber optik sehingga transmisi data dapat berjalan dengan baik. Tanpa adanya konektor kabel-kabel jaringan tidak dapat terhubung dengan network adaptor atau NIC. :: Fungsi Konektor ::       Konektor berfungsi untuk menjaga transmitter maupun receiver mengirim dan menerima sinyal informasi dengan baik tanpa ada gangguan masalah. Oleh karena itu ketepatan koneksi dan jenis konektor yang diguanakan sangat berpengaruh pada data yang ditransmisikan. :: Jenis Konektor :: 1.Konektor FC FC (Fiber Connector) digunakan untuk kabel single mode dengan akurasi yang sangat tinggi dalam menghubungkan kabel dengan transmitter maupun receiver. Konektor ini menggunakan sistem drat ulir dengan posisi yang dapat diatur, sehingga ketika dipasangkan ke perangkat lain, akurasinya tidak akan mudah berubah.  2.Konektor SC SC (Subsciber Connector) digunakan untuk kabel sin